Cara screenshot panjang tanpa aplikasi tambahan untuk Meizu m6

Screenshot. Hampir setiap pengguna smartphone, utamanya android, pasti tidak asing dengan yang namanya screenshot. Yah.. screenshot adalah tangkapan layar. Karena fitur satu ini sering dibutuhkan oleh banyak orang, baik itu untuk mencari informasi, atau sekedar berbagi hal-hal yang didapatkan dari layar smartphonenya.

Terkadang untuk menangkap informasi yang cenderung banyak dari smartphone, kita dibuat kewalahan karena harus melakukan screenshot berulang-ulang. Wah, itu mah kuno 😁. Dengan terus majunya teknologi, hal tersebut kini bisa teratasi dengan mudah. Cukup kita lakukan saja yang namanya long screenshot/ scroll capture. 

Di beberapa artikel sudah banyak diulas mengenai bagaimana cara melakukan screenshot panjang, yaitu dengan aplikasi tambahan. Namun ternyata beberapa smartphone keluaran terbaru sudah menyediakan fitur keren ini. Nah, tak terkecuali Meizu M6 ini nih, si murah dengan fitur mewah. 😅

Okelah langsung saja bagaimana caranya.
Sebelumnya perlu dijelaskan dulu nih, untuk Meizu ini ada 2 cara screenshot yang tersedia.

Cara pertama ada di menu pintasan. Ikon cuplikan layar (screenshot) yang tersedia di status bar seperti pada gambar di bawah

Caranya tinggal sobat berada di halaman yang ingin di-screenshot, kemudian usap layar paling atas ke arah bawah, dan pilih ikon cuplikan layar. Maka apa yang ditampilkan di layar otomatis akan disimpan di galeri dalam folder screenshot, dengan pemberitahuan di notif bar bahwa tangkapan layar tersimpan.

Cara kedua ada di kombinasi tombol (power + volume). Gunakan tombol power dan volume bawah yang ada di bagian sisi kanan Meizu M6. Dengan menekan kedua tombol bersamaan maka akan menangkap tampilan layar smartphone. Namun ada sedikit perbedaan disini. Kalau melalui status bar hasil screenshot akan langsung tersimpan. Namun jika menggunakan tombol, preview hasil screenshot akan ditampilkan mengambang di layar seperti ini.
Dalam preview itu, ada beberapa opsi untuk mendapatkan screenshot yang diinginkan. Di bagian atas ada pilihan untuk batal, bagi dan simpan. Di bagian bawah ada pilihan edit tangkapan layar, dimana nantinya sobat bisa menambahkan bentuk, teks, kuas atau mozaik.
Nah pertanyaannya. Lalu bagaimana cara screenshot panjangnya? Yap. Mudah sekali. Sobat tinggal menarik panah yang ada di preview screenshot tersebut. Misal ingin lebih panjang dengan menampilkan bagian atasnya berarti tinggal tarik panah bagian atas gambar. Sebaliknya kalau ingin melanjutkan tangkapan layar bagian bawahnya berarti tinggal tarik panah yang ada di bagian bawah gambar.
Secara praktek nya juga bisa dilihat 👉 https://youtu.be/qmt8cscDfXc


Seperti itulah tadi cara untuk mendapatkan screenshot panjang tanpa aplikasi tambahan dari smartphone Meizu M6.

Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih telah menyimak celotehan sederhana ini.

~ salam 🤗

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Sholawat Al Banjari